Mengatasi Error eSPT 21 Tidak Dapat Membaca Database

Tadi pagi gawai saya berbunyi, ada pesan masuk lewat whatsapp dari seorang wajib pajak. “Pak, saya mau mindah program eSPT PPh 21 dari laptop ke komputer?”

“Lalu?” Tanya saya.

“Databasenya kok gak bisa dibaca ya Pak?” Tanya si wajib pajak.

Lha ini, bagi saya cara paling enak untuk menangani error yang terjadi pada instalasi program adalah dengan melihat dan memegang langsung. Tapi, masalahnya saya lagi meriang, sudah hampir tiga hari ini badan rasanya gak karuan. Gak mungkin saya datang ke tempat wajib pajak, dan saya juga gak mungkin tega menyuruh mbak-mbak yang unyu itu untuk membawa CPU ke kantor pajak.

Tapi baru saya mau minta wajib pajak untuk bersabar, ini ujian, ada pesan whatsapp masuk lagi, “Di komputer bapak ada Teamviewer gak?”

Buat sampeyan yang belum pernah dengar, Teamviewer adalah program untuk me-remote komputer, bisa dari komputer lain, bisa juga dari gawai sampeyan. Yang berarti juga saya bisa menangani error yang terjadi di komputer wajib pajak tanpa harus beranjak dari kantor. Program ini tersedia gratis dan bisa sampeyan unduh di sini.

Setelah saya login pada Teamviewer dan mengakses komputer wajib pajak, ada tampilan seperti ini.

espt-eror

Sepertinya masalah yang terjadi adalah, di komputer wajib pajak terinstall Microsoft Office 2016 versi 64bit, yang mbuh seperti apa detilnya, yang jelas mengakibatkan program eSPT 21 tidak bisa membuka database.

Untuk mengatasinya, silakan sampeyan unduh Database Access Engine di link berikut ini. Pada saat sampeyan mengunduh nanti akan ada dua pilihan, pilihlah yang versi 32bit alias tidak ada tulisan X64-nya, walaupun windows yang sampeyan pakai adalah versi 64bit.

pilih-yang-32

Setelah file tersebut terinstall, silakan buka kembali program eSPT 21 sampeyan, Insya Allah database sudah bisa diakses.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

5 Responses to Mengatasi Error eSPT 21 Tidak Dapat Membaca Database

  1. msubagja says:

    Terima kasih Pak atas sharing nya.

    Like

  2. Taufik says:

    Jazakulloh khoirr…

    Like

  3. erma says:

    terimakasih pak atas sharingnya

    Like

  4. Simbawave EDI says:

    gak bisa pak.menjeritsebab office 2016 saya versi 64bit, windows juga 64bit. hasil download malah teriak minta saya uninstall office saya yg 64bit lalu menyarankan untuk install 32bit 😦

    Like

Leave a comment